Selasa, 28 Mei 2013

Mau Bumi Selamat, Lakukan Hal-Hal Ini

Jagalah Bumi Kita

Tidak terasa Hari Bumi Sedunia begitu cepat berlalu. Hari Bumi didirikan untuk menyadarkan manusia terhadap pengaruh negatif dari pemanasan global akibat perubahan-perubahan modern di dunia. Lantas sudahkah kita sadar dan peduli terhadap bumi yang tempati sekarang ini?

Dengan adanya Hari Bumi, seharusnya mendorong kita untuk ikut serta secara aktif melakukan hal-hal yang dapat melindungi lingkungan, lebih mementingkan esensi dan manfaat hari bumi itu terutama terhadap kelestarian lingkungan.

Terlepas dari hoax atau tidaknya masalah pemanasan global ini, tidak ada salahnya apabila kita mempraktekkan hal-hal yang dapat berguna untuk lingkungan kita, anak, dan cucu-cucu kita. 

Tidak ada salahnya anda mencoba hal-hal berikut ini di setiap aktivitas anda sehari-hari jika ingin ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan bumi :

Keringkan Pakaian Secara Alami 

Gak masalah meski gak punya mesin cuci juga. Malah, menguntungkan dan baik untuk lingkungan. Karena mencuci pakaian dengan tangan dan mengeringkan jemuran di bawah sinar matahari akan lebih menyehatkan dan menghemat listrik. Selain itu, suhu di sekeliling jemuran akan menjadi sejuk karena air yang dilepaskan ke udara. 

Gunakan Kamar Mandi Biasa

Sebagian besar orang Indonesia masih menggunakan alat-alat biasa untuk mandi, gosok gigi dan cuci kakus. Hal tersebut harus dipertahankan karena ternyata sangat membantu lingkungan. Menggunakan shower akan lebih boros dan membuang-buang air. Lebih baik gunakan bak mandi biasa dengan menggunakan cedok dan air dalam jumlah tertentu. Dengan cara ini, Anda bisa mengatur seberapa banyak air yang akan Anda gunakan sekaligus dapat menyimpan sisa yang tak terpakai untuk digunakan kemudian. Begitu juga ketika Anda menyikat gigi, gunakan satu gelas air daripada menggunakan keran air yang malah bisa membuang 5 sampai 10 gelas air mengalir terus menerus.

Gunakan Produk Pembersih Tak Beracun

Gunakan produk-produk pembersih alami dan aman yang tidak mengandung bahan-bahan beracun, yang tidak hanya membahayakan lingkungan, namun manusia juga. Gunakan produk-produk yang telah Anda miliki di rumah seperti soda kue, air dan cuka.
 
Atur Suhu

Bagi pembaca uniknya yang tinggal di kota-kota panas, mulai dari sekarang tidak ada salahnya untuk mengatur dan memasang suhu ruangan. Gunakanlah AC ketika cuaca sangat panas. Gunakan penghangat ruangan ketika cuaca sangat dingin. Dan gunakan kipas saja atau tidak sama sekali, bila cuacanya sedang. Hal ini pun berlaku bagi pemakaian kulkas, bersihkanlah kondenser setahun sekali dan pasang pada suhu 10 derajat untuk menghemat listrik sampai 25% dan agar kondenser tersebut tetap berfungsi dengan baik.
 
Gunakan Tas Belanja

Banyak negara yang mendukung penggunaan kantung belanja, daripada kantung plastik modern ketika berbelanja. Kantung belanja yang kami maksud terbuat dari kain bukan plastik atau kertas. Kantung ini bisa selalu digunakan kembali ketika pergi belanja, daripada kantung plastik yang pemakaiannya hanya sekali atau beberapa kali saja. Mungkin penggunaan kantung belanja ini bisa diterapkan apabila masyarakat Indonesia sudah bisa memilah sampah organik dan non-organik. Jadi, pemakaian kantung plastik untuk sampah kering bisa digunakan lebih dari satu kali.
 
Manfaatkan Lahan Kosong 

Untuk menjaga kelestarian dan keindahan lingkungan serta mendukung tambahan bahan pangan atau penghasilan bagi keluarga. Misalnya kita bisa memanfaatkan lahan yang ada di atau sekitar rumah kita. Mananam pohon saja sudah sangat berarti. Lebih baik lagi jika kita menanam pohon yang bisa menghasilkan buah agar bisa kita konsumsi dan bisa jadi di jual, contohnya seperti rambutan mangga dan masih banyak lagi. Jika pun tidak memiliki lahan, kita bisa menanamnya di dalam pot atau polibag. Selain menambah estetika, ini dapat membuat udara menjadi lebih segar.  

Buanglah Sampah  Anda Pada Tempatnya 

Budayakan Membuang Sampah Pada Tempatnya
“Buang Sampah Pada Tempatnya”, kalimat ini sudah pasti tidak asing lagi bagi anda. Tetapi, yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita telah mematuhinya? Setiap orang pasti membuang sampah setiap harinya, baik itu sampah dari rumah tangga, puntung rokok, kantong plastik atau pun sampah lainnya.

Mari, kita mulai dari diri kita sendiri untuk membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan! Kita beri contoh yang baik setidaknya di lingkungan keluarga kita sendiri. Saya rasa, dari hal-hal kecil seperti ini lama kelamaan akan menjadi kebiasaan yang baik dan insya allah lambat laun tetangga kita pasti akan mengikutinya. Dan yang paling penting budayakan rasa malu dan jangan tunggu ditegur oleh orang lain.

Saya rasa beberapa poin di atas masih mudah untuk di praktekkan di kehidupan sehari-hari kita.

Jagalah bumi kita, salam lestari!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar